Menjelang Balita Masuk Sekolah

Menjelang-Balita-Masuk-Sekolah

Pendidikan anak usia dini atau bisa disebut PAUD adalah hal penting bagi tumbuh kembang anak. Berdasarkan penelitian sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Hal ini berarti perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Sehingga periode ini merupakan periode emas bagi anak dan sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di periode berikutnya.

Di Indonesia, pendidikan anak usia dini baru menjangkau sebagian kecil masyarakat. Ini dikarenakan banyak orang tua yang masih belum merasa pentingnya pendidikan usia dini. Tak hanya itu, banyak juga orang tua yang khawatir apakah si anak akan merasa “nyaman” ketika ia berada dalam lingkungan baru.

Untuk menyiasati masalah tersebut, So Klin ingin memberikan beberapa tips yang dapat membantu Mom pada saat menyekolahkan anak nanti.

1. Ajak si kecil berbicara

Komunikasi dengan anak merupakan langkah awal untuk memperkenalkan ia dengan dunia “sekolah” nantinya. Berikan cerita-cerita seru yang bisa ia dapatkan nanti ketika bersekolah.

2. Bermain

Buatlah simulasi kegiatan sekolah di dalam rumah, misalnya mengajaknya menggambar atau mewarnai. Dengan begitu ia akan terbiasa dengan hal- hal yang nantinya akan ia terima saat sekolah.

3. Atur jadwal

Sesuaikan jadwal sekolah dengan batas kemampuannya. Untuk anak usia

balita, sebaiknya waktu sekolah sekitar 2-3 jam. Ini bertujuan agar si kecil

tetap memiliki waktu istirahat dan bermain di rumah.

4. Dukungan

Bentuk dukungan dari orang tua juga berperan penting. Misalnya dengan mengantar dan menjemputnya ke sekolah. Bila Mom adalah pekerja kantoran, usahakan untuk mengantarnya ke sekolah atau minimal menyiapkan segala keperluannya sebelum sekolah. Sepulang kerja, ajaklah ia bercerita mengenai hal-hal yang ia telah kerjakan di sekolah. Dan berikan semangat bila ia merasa kelelahan.

KOMENTAR