Kiat-Kiat Memelihara Pakaian Terbaik untuk Lebaran

kiat-memelihara-pakaian

Menjelang Lebaran nanti, salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia adalah membeli baju baru. Padahal, Idul Fitri tidak mengharuskan kita untuk memakai yang serba baru, namun gunakanlah pakaian terbaik. Kita tetap bisa memakai pakaian lama yang terawat dengan baik. Agar kita tidak terjebak dalam sifat boros, ada baiknya jika kita mulai belajar merawat pakaian agar tetap terjaga dengan baik ketimbang membeli baju baru. Lalu bagaimana cara untuk memelihara pakaian agar tetap menjadi yang terbaik untuk Idul Fitri?

1. Simpan di tempat yang baik. Untuk menghindari jamur, debu, kotoran, dan ngengat, sebaiknya simpan pakaian dalam kotak penyimpanan di tempat yang sejuk.

2. Gunakan pengharum pakaian. Agar pakaian tetap berbau segar, taruhlah pengharum di dalam kotak penyimpanan.

3. Cek petunjuk perawatan. Di bagian dalam pakaian biasanya ada petunjuk untuk mencuci atau menyetrikanya. Selalu ikuti aturan untuk menjaga kualitas pakaian.

4. Pisahkan pakaian yang berbeda warna. Ketika mencuci, pisahkanlah pakaian putih dan berwarna agar tidak luntur serta menjaga warna baju tetap awet.

5. Perhatikan jenis kain. Setiap kain memiliki perawatan yang berbeda. Pakaian dari katun dengan pakaian dari sutra tentu berbeda pemeliharaannya. Cari tahu bagaimana merawat pakaian sesuai dengan jenis kainnya.

6. Gunakan air dingin ketika mencuci. Mencuci pakaian dengan air dingin adalah pilihan yang baik karena tidak merusak kain secepat air panas.

7. Gunakan deterjen khusus. Pilihlah deterjen yang mengandung bio-enzyme yang akan menyerap dan menghancurkan noda hingga ke serat kain.

8. Jangan jemur langsung di bawah sinar matahari. Cahaya yang terlalu panas akan memudarkan warna pakaian. Maka dari itu, hindari sinar matahari langsung.

9. Sesuaikan pakaian dengan aktivitas. Sesuaikan pakaian dengan kegiatan yang akan dilakukan untuk menghindari dari kerusakan.

10. Perhatikan benda tajam dan bahan kimia. Berhati-hati pada kawat, paku, sudut meja, ataupun permukaan kasar dan benda tajam yang dapat merusak pakaian. Unsur kimia seperti minyak

wangi, hairspray, deodoran, ataupun keringat juga dapat menyebabkan perubahan warna pakaian.

Nah, mumpung Lebaran masih beberapa minggu lagi, masih ada waktu untuk memilih, merawat dan mempersiapkan pakaian terbaikmu. Ayo mulai merawatnya!

KOMENTAR