Cara Menemukan Bakat Sang Buah Hati Sejak Dini

Cara-Menemukan-Bakat-Sang-Buah-Hati-Sejak-Dini

Akankah sang buah hati menjadi dokter? Atau menjadi penemu? Atau mungkin menjadi pilot pesawat terbang?

Tentu saja bisa terjadi, Mom. Satu hal yang perlu dipahami sebelumnya : keberhasilan bukanlah bakat, tetapi proses.

Seorang peneliti mengatakan bahwa kemampuan seorang anak bisa berkembang pesat jika orangtua selalu membantu dan mengasah kemampuan sang buah hati sejak dini.  Berikut adalah cara untuk menemukan dan mengasah kemampuan dan bakat sang buah hati.

Memuji

Kesalahan bukanlah kegagalan. Nilai ini yang harus ditanamkan kepada sang buah hati. Setiap kesalahan yang dibuat adalah proses untuk mencapai sesuatu. Berikan pujian untuk usaha yang telah mereka lakukan, meskipun usahanya gagal. Karena pujian dari orang tua merupakan penyemangat untuk sang buah hati untuk mencoba hal yang baru dan tidak takut mengambil resiko.

Tidak ada yang instan

Lakukan pengajaran terhadap minat sang anak selangkah demi selangkah, dengan begitu sang buah hati bisa lebih mendalami keahlian atau keterampilan tersebut. Yang perlu ditekankan adalah bagaimana sang buah hati dapat melakukan hal tersebut dengan sedikit kesalahan, bukan seberapa cepat mereka melakukan hal tersebut.  Dengan belajar perlahan-lahan, sang buah hati akan lebih peka terhadap kesalahan yang ia lakukan dan Mom bisa langsung menemukan solusi atau jalan keluar untuk kesalahan tersebut.

 Berkomunikasi

Komunikasi dengan sang buah hati sangatlah penting untuk dijaga. Lakukanlah obrolan ringan seputar sekolah, kegiatan ekstrakulikuler, teman-teman di sekolah, guru, dan topik-topik ringan lainnya agar sang buat hati terpancing untuk menceritakan hal yang ia gemari.

KOMENTAR