8 Khasiat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

8-khasiat

Selama ini sayuran hijau sering direkomendasikan untuk memperoleh kesehatan yang optimal. Namun, jangan lupakan juga bahwa ada bahan makanan berwarna hitam yang memiliki segudang manfaat. Pigmen hitam dalam bahan makanan alamidiperoleh dari antosianin, pigmen tumbuhan yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Kandungan serat dalam kedelai hitam yang sangat tinggi inilah yang nanti membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Salah satu bahan makanan hitam yang biasa kita temui adalah kedelai hitam yang menjadi bahan dasar kecap. Bagi banyak orang, menikmati hidangan makanan belumlah sempurna tanpa siraman kecap. Kecap terbuat dari kedelai hitam yaitu biji-bijian yang datang dari tanaman liar di China utara dan diperkirakan masuk Indonesia kurang lebih pada 664 SM.

Kecap dibuat melalui proses fermentasi selama berbulan-bulan dengan memanfaatkan sejenis mikroba untuk memecah protein asam amino leusin dan lisin, yang nantinya akan menghasilkan citarasa kecap yang lezat dan khas.

Selama proses berlangsung, suhu dan kelembapan yang mempengaruhi fermentasi harus dikontrol agar terhindar dari aflatoksin yang dapat mengakibatkan kanker, menghambat imunitas, dan berbagai gangguan gizi. Aflatoksin merupakan racun pemicu kanker yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus dan Aspergillus parasiticus.  Jamur ini biasanya tumbuh dalam proses fermentasi akibat kondisi produksi yang kurang bersih.

Sebelum membeli kecap, sebisa mungkin cari tahu proses pembuatannya. Sebaiknya pilih yang menjalani proses fermentasi alami, melewati tiga kali penyaringan, dan dikemas dalam kondisi bersih dan higienis.

Lalu apa saja khasiat mengonsumsi kedelai hitam dalam kecap?

  1. Pencegah penuaan dini.Vitamin E yang terkandung dalam kedelai hitam baik untuk elastin kulit dan bekerja sebagai kolagen di kulit. Vitamin E larut dalam lemak dan menghasilkan efek antioksidan yang akan memberi perlindungan dari penyakit degenerative.
  2. Penurun kandungan kolesterol.Kandungan isoflavon serta antosianin dalam kedelai hitam bisa dapat memperbaiki lipid yang kemudian mengurangi tekanan darah di dalam tubuh.
  3. Penambah daya tahan tubuh.Kandungan peptide pada kedelai hitam bisa menambah sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan beragam jenis penyakit.
  4. Pencegah kerusakan ginjal. Protein di dalam kedelai hitam mudah diterima oleh ginjal sehingga dapat membantu meringankan kerja ginjal.
  5. Pelancar pencernaan. Kedelai hitam mengandung serat yang mengeluarkan zat-zat racun di dalam usus serta dapat dipakai juga sebagai bahan alami pencegah diare.
  6. Pencegah jantung koroner.Antosianin dari kulit kedelai hitam mampu menghambat oksidasi LDL kolesterol yang merupakan awal terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.
  7. Pelambat gejala menopause pada wanita. Kandungan isoflavon-nya yang mirip dengan hormon estrogen pada wanita akan mengurangi gejala menopause seperti badan  panas, berdebar-debar, keringat berlebih, dan nyeri otot.
  8. Penambah kesuburan. Peneliti Tiongkok menemukan bahwa ekstrak etanol kedelai hitam merangsang pertumbuhan sel MCF-7 dan meningkatkan ekspresi reseptor estrogen-responsif gen yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi dan kehamilan.

 

Mengingat betapa banyaknya sisi positif dalam mengonsumsi kacang-kacangan yang satu ini, sekarang saatnya untuk mulai menambahkan kedelai hitam atau kecap pada menu makanan kamu. Selamat mencoba!

KOMENTAR